wimpie's blog

Seputar Perkuliahan dan Serba-Serbi Kehidupan

Kunjungan Ke Museum Perjuangan

Posted Tuesday, May 17th, 2016

museum

Kunjungan Ke Museum Perjuangan Benteng Verdeburg Yogyakarta

Pada waktu berkunjung ke museum Benteng Verdeburg di Jalan Ahmad Yani no. 6 Yogyakarta, kesan yang pertama kali muncul adalah begitu murahnya harga tiket untuk masuk ke museum tersebut. Pengunjung hanya dikenai biaya dua ribu rupiah untuk dapat menikmati semua wahana yang ada didalam. Masuk kedalam museum, museum ini terlihat sangat terurus. Didalam diorama museum Benteng Verdeburg ini tersaji berbagai macam foto, benda, dan tampilan 3D mengenai era perjuangan kemerdekaan Indonesia khususnya untuk wilayah DIY. Semuanya tersusun rapid an indah ditambah dengan ruangan yang nyaman. Setiap diorama disusun dengan dramatis sehingga pegunjung terbawa suasana pada saat itu.

Perasaan saya pada saat bekunjung di museum ini sangat senang karena mendapatkan value yang sangat tinggi tentang bagaimana dahulu beratnya perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai Kemerdekaan. Rasa kagum tidak pernah lepas ketika melihat isi diorama museum. Saya kira, semua orang harus berkunjung ke museum perjuangan agar semua orang mengerti dan memahami bagaimana pahlawan – pahlawan pendiri bangsa ini memperjuangkan kemerdekaannya.

Setelah berkunjung ke museum, saya mendapat inspirasi berupa kita sebagai penerus bangsa harus terus mempertahankan kemerdekaan Indonesia dengan sungguh-sungguh seperti para pahlawan pendiri bangsa. Inspirasi ini membuat saya bersemangat untuk lebih giat belajar agar kelak berguna bagi bangsa Indonesia pada masa yang akan datang.