wimpie's blog

Seputar Perkuliahan dan Serba-Serbi Kehidupan

Model Client-Server dan Implikasinya Dalam Bisnis

Posted Wednesday, May 18th, 2016

Client-Server_Model

Perkembangan teknologi kini telah banyak membuat perubahan didalam dunia bisnis.  Sebelum adanya kemajuan teknologi, bisnis pada umumnya dijalankan secara konvensional dan minim menggunakan teknologi. Proses operasional bisnis dilakukan manual oleh manusia dan membutuhkan waktu yang lama untuk mengumpulkan, mengolah, dan memproses suatu informasi. Berbeda dengan era sekarang, bisnis berkembang dengan teknologi dan merubah  proses operasional menggunakan sistem komputer yang lebih canggih dan efisien dalam mengolah suatu informasi yang diperlukan.

Dengan laju pertumbuhan teknologi yang makin cepat, kebutuhan akan informasi dari hari ke hari meningkat sehingga menuntut kelancaran, dan kecepatan proses distribusi informasi. Oleh sebab itu, diperlukan suatu system yang mendorong  terjadinya kelancaran dan kecepatan proses distribusi informasi. Selain itu, agar informasi yang menyebar sesuai yang diharapkan, perlu adanya sebuah kontrol dalam system tersebut. Dengan kata lain, perlu adanya infrastruktur jaringan yang jelas dalam perkembangan system teknologi informasi.

Model infrastruktur jaringan teknologi informasi yang sekarang banyak dikembangakan yaitu jaringan client-server.  Jaringan Client Server merupakan model konektivitas pada jaringan yang membedakan fungsi computer atau device sebagai Client atau Server. Model ini menempatkan sebuah komputer sebagai server dan menyediakan sumber daya bagi device atau system lainnya.

Secara harfiah, kata server berarti penyedia. Dalam dunia informasi teknologi, Server adalah sebuah system yang menyediakan data, aplikasi, dan layanan di dalam sebuah jaringan (network) tertentu. Server ini yang bertugas memberikan pelayanan kepada terminal-terminal lainnya yang terhubung dalam system .

Berbeda dengan server,  client merupakan sebuah system atau device yang memakai, mengambil, ataupun memproses data, aplikasi, dan layanan (sumber daya) yang disediakan oleh server. Client dapat mengakses sumber daya yang terdapat dalam server selama memiliki  otoritas dari server.

Adanya model client-server membawa perubahan besar dalam dunia bisnis. Terutama dalam bidang informasi dan pengembangan database. Adanya  model client server secara garis besar meningkatkan operasional bisnis. Jika dipersempit lagi, implikasi client server dapat memajukan keempat bidang manajemen bisnis, yaitu

1. Bidang Operasional

Implikasi dalam bidang operasional adalah implikasi paling besar client-server pada dunia bisnis. Adanya jaringan client server dapat memangkas biaya dan waktu sehingga lebih kegiatan operasional lebih efektif dan efisien. Contohnya ketika karyawan perusahaan tiap lini divisi membutuhkan data. Dengan adanya system client-server, karyawan dapat dengan mudah mengakses data yang diperlukan tanpa harus mencari data secara manual. Adanya model client dan server juga meningkatkan kontrol perusahaan terhadap data yang mereka miliki. Server yang berisi data dapat mengatur data apa saja yang dapat diakses dan data yang tidak seharusnya dapat diakses oleh semua kalangan.

Contoh lainnya pada industry perbankan. Adanya Mesin atm merupakan salah satu contoh cost reduction dari adanya client dan server. Dunia perbankan menjadi lebih efisien dalam melayani kebutuhan customer mereka. Mesin atm mampu mengurangi cost yang harus dikeluarkan untuk membayar pegawai teller bank.

2. Bidang Pemasaran

Implikasi selanjutnya yaitu pada bidang pemasaran. Di era sekarang, banyak bisnis yang tumbuh dan berkembang menggunakan sarana teknologi informasi melalui internet. Contohnya yaitu toko-toko online yang sekarang sedang marak berkembang. Toko online tersebut menggunakan web server untuk menjalankan bisnisnya. Pada model toko online tersebut, yang bertindak sebagai server ialah para pemilik online shop tersebut sedangkan clientnya adalah para konsumen mereka. Para client dapat mengakses server toko online menggunakan internet dan disinilah proses client-server terjadi.

Implikasi lainnya adalah adanya client server merupakan sarana perusahaan untuk mendapatkan informasi terkait potensial customer mereka. Hal ini karena model clien server dapat dimanfaatkan untuk menyimpan informasi. Server yang telah diinstal aplikasi dapat menyimpan email, nama, usia, bahkan nomor handphone dari para customer. Contoh nyata dalam online shop. Setiap pelanggan yang melakukan proses pembelian minimal harus menyertakan mendaftar sebagai anggota toko.ketika mendaftar sebagai anggota toko, pelanggan harus menyertakan email mereka. Selain untuk memastikan proses pembelian berjalan lancar, email pelanggan tersebut di simpan oleh server online shop. Email yang disimpan tersebut dapat dimanfaatkan oleh online shop untuk menawarkan produknya. Terlebuh lagi dengan adanya teknologi big data saat ini, informasi terkait pelanggan sangat potensial untuk di analisis lebih jauh.

3. Bidang SDM

Implikasi pada bidang SDM terjadi ketika suatu perusahaan melakukan perekrutan karyawan baru. System client server dapat diterapkan ketika perusahaan melakukan perekrutan secara online. Para pelamar yang sebagai client melakukan input data kedalam suatu web server yang sudah disediakan perusahaan. Ketika proses input data selesai, segala informasi terkait pelamar masuk kedalam data base server perusahaan. Perusahaan selanjutnya menyeleksi informasi-informasi tersebut untuk proses seleksi selanjutnya. Online recruitment ini dapat memangkas biaya yang dikeluarkan perusahaan maupun para pelamar. Online recruitment juga membuat perusahaan mampu menyeleksi para pelamar secara luas.

4. Bidang keuangan

Di bidang keuangan, system client server memudahkan perusahaan untuk mencatat aktivitas-aktivitas keuangan mereka.  Contohnya seperti mesin ATM pada perbankan. Transaksi-transaksi melalui ATM tercatat secara otomatis kedalam server sehingga proses akuntansi bisnis berjalan dengan cepat.

Berbagai contoh diatas merupakan sebagian kecil contoh penerapan system client-server dalam dunia bisnis. Sebenarnya masih banyak contoh lainnya yang tidak disebutkan. Pada intinya, adanya client-server membuat semua fungsi manajemen bisnis berjalan lebih efektif dan efisien. Server yang merupakan penyedia sumber daya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan client, baik client internal bisnis (perusahaan itu sendiri) maupun client eksternal yaitu para pelanggan mereka.

 

Referensi :

http://www.root93.co.id/2015/01/tipe-tipe-server-di-jaringan.html

https://dunovteck.wordpress.com/2011/06/07/client-server/

https://slametridwan.wordpress.com/arsitektur-client-server/

http://berpikirtentangmu.blogspot.co.id/2015/03/arsitektur-client-server.html

http://sansan57.blogspot.co.id/2015/03/pengertian-basis-data-dan-contoh.html

http://angelsfreesi.blogspot.co.id/2009/11/type-server.html