wimpie's blog

Seputar Perkuliahan dan Serba-Serbi Kehidupan

Big data dan Kegunaannya

Posted Monday, May 2nd, 2016

images Salah satu topik menarik dari mata kuliah Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah pembahasan mengenai big data. Mengapa? Karena topik ini membuka wawasan luas mengenai hubungan antara data dan kegiatan bisnis. Big data menyadarkan kita bahwa informasi sangat penting bagi suatu bisnis.

Big Data adalah data berukuran sangat besar, sangat variatif, sangat cepat pertumbuhannya dan mungkin tidak terstruktur yang perlu diolah khusus dengan teknologi inovatif sehingga mendapatkan informasi yang mendalam dan dapat membantu pengambilan keputusan yang lebih baik. Big data tanpa diolah khusus (data mining) merupakan kumpulan data yang tidak ada nilainya. Big data memiliki empat karakteristik yaitu berukuran sangat besar (high-volume), atau sangat bervariasi (high-variety), atau kecepatan pertumbuhan tinggi (high-velocity), dan sangat tidak jelas (high veracity).

Teknologi Big Data adalah teknologi yang memungkinkan proses pengolahan data dengan empat ciri di atas. Sebelum munculnya teknologi ini, pengolahan data hampir selalu dilakukan oleh programmer dan sangat memakan waktu. Proses ini bertujuan agar setiap bisnis, organisasi ataupun individu yang mampu mengolah data tersebut bisa mendapatkan informasi lebih mendalam (insights) yang akan memicu pengambilan keputusan (decision making) dan tindakan (action) bisnis yang mengandalkan insights tersebut, bukan berdasarkan insting semata.

Salah satu implikasi penerapan big data dalam bisnis yaitu untuk menganalisis perilaku belanja konsumen. Dewasa ini, perusahaan-perusahaan kartu kredit model bisnisnya telah bergeser. Sebelumnya provider kartu kredit mendapatkan keuntungan dari bunga tiap bulannya dari para nasabah setiap melakukan transaksi. Namun sekarang provider kartu kredit tidak begitu mementingkan pendapatan dari bunga tersebut. Mereka fokus bagaimana mengelola data konsumen setiap kali melakukan transaksi. Data tersebut kemudian dikumpulkan dan dianalisis. Data yang telah dianalisis dan menjadi lebih spesifik dapat dijual kepada produsen-produsen produk tertentu sebagai data para potensial customer mereka. Teknik menjadi teknik marketing baru perusahaan yang menjual produk tertentu. Dari tndakan ini terbukti dapat meningkatkan penjualan secara signifikan dan mengurangi masalah inventori / stok. Dari penjualan data ini, provider kartu kredit mendapatkan pendapatan yang besar.

referensi :

http://datascience.or.id/2015/08/15/konsep-big-data/

https://openbigdata.wordpress.com/2014/08/25/apa-itu-big-data/

http://www.apaitubigdata.com/p/apa-itu-big-data.html