wimpie's blog

Seputar Perkuliahan dan Serba-Serbi Kehidupan

Kiat-Kiat Sukses Skripsi

Posted Tuesday, May 17th, 2016

Kiat Sukses Skripsi

images

Setelah post sebelumnya membahas mengenai game, pada post kali ini saya mencoba menulis sesuatu yang berhubungan dengan dunia akademisi yaitu mengenai cara-cara yang harus dilakukan agar skripsi lancar. Perlu diperhatikan sebelumnya bahwa maksud dari skripsi lancar bukan hanya berarti menyelesaikan skripsi secara cepat, namun menyelesaikan skripsi secara tepat sesuai dengan keinginan penulisnya. Oke langsung lanjut aja……

Skripsi adalah tugas akhir mahasiswa untuk mendapatkan gelar strata 1. Skripsi sering menjadi momok yang menakutkan bagi mahasiswa tingkat akhir karena sulit dalam mengerjakannya. Nah mungkin dengan kiat-kiat dalam tulisan ini bisa mengurangi kesulitan dalam menulis skripsi.

Menurut saya, terdapat dua faktor utama dalam kelancaran skripsi. Yaitu faktor dari diri kita sendiri (mahasiswa) dan juga faktor dosen. Tulisan ini hanya membahas mengenai kiat-kiat yang perlu dilakukan agar faktor dari diri kita sendiri teratasi. Hal ini karena faktor dosen merupakan faktor bawaan yang sulit untuk dirubah dan mungkin hanya doa yang mampu melancarkan faktor ini hahahahaha :D. Oke langsung saja berikut hal-hal yang perlu diperhatikan mahasiswa dalam menulis skripsi.

  • Niat yang kuat

Niat merupakan landasan utama dalam kelancaran skripsi. Niat yang kuat untuk menyelesaikan skripsi sangat diperlukan disini karena dengan niat yang kuat mahasiswa akan sangat semangat dalam menyelesaikan skripsinya.

  • Rajinlah membaca

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya yaitu rajinlah dalam membaca. Mahasiswa perlu membaca artikel dan jurnal terkait topik skripsi yang sesuai dengan niat mereka. Datang ke perpustakaan setiap hari mungkin menjadi alternative utama untuk dapat melakukan hal ini.

  • Jangan malu untuk bertanya

Dalam menulis skripsi, kita perlu untuk bertanya kepada orang lain agar mendapat pencerahan. Terkadang kita malu untuk bertanya pada teman kita sendiri karena alas an gengsi, padahal dengan bertanya dengan orang lain ide akan muncul dan membuat kita semakin semangat untuk nyeskripsi. Oh iya, jangan lupa untuk bertanya kepada dosen pembimbing kita apabila terjadi sesuatu yang membuat kita bingung karena skripsi kita sangat bergantung pada kecocokan maksud dari dosen pembimbing kita.

  • Renacanakanlah penulisan

Agar skripsi dapat selesai tepat waktu, rencanakannya penulisannnya. Jika dihitung-hitung dengan kita menulis minimal 3 halaman setiap hari maka kita akan dapat 90 halaman dalam 1 bulan secara matematis. Memang sih cara ini tidak selalu berjalan dengan mudah namun apabila n dengan niat yang kuat kemungkinan besar kita dapat melakukan rencana penulisan kita.

  • Selalu berdoa

Usaha yang kuat mungkin tidak akan lancar dengan doa. Dengan doa yang kuat kita akan termotivasi untuk selalu dapat menyelesaikan skripsi kita. Intinya jangan malas untuk berdoa kepada kepada Yang Maha Kuasa.

Kira-kira itu hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis skripsi. Semoga tulisan ini bermanfaat hehehehe 😀